Ayo Donor Darah,,,,!

IMG00439-20110706-1953Salam sehat semuanya.  Semoga kita selalu limpahkan kesehatan dan keselamatan setiap harinya yaaa.  Tetap jaga kesehatan semua karena sehat itu mahal.  Coba bayangkan besarnya biaya yang kita keluarakan kalau kita sakit.  Olah karena itu selagi kita sehat, tetaplah untuk menjaga daya tahan dan kebugaran fisik kita yaaa.

Temen-temn saya sudah tiga kali masuk rumah sakit dalam enam tahun belakangan ini dengan diagnosa penyakit yang hampir sama yaitu demam berdarah (DBD).  Malahan ketika tahun 2010, saya terpaksa masuk ruang ICU hampir selama seminggu karena trombosit saya sangat rendah sehingga diperlukan supply darah.  Yang saya ingat waktu itu selama di ICU, saya menghabiskan sebanyak 17 kantong darah.  Itulah pertama kalinya dalam hidup saya seluh tubuh saya dipasang oleh kabel-kabel untuk mendeteksi detak jantung saya dan menggunakan selang oksigen di hidung saya.

Saat itu untuk mendapatkan darah agak lumayan sulit, pasokan darah dari anggota keluarga saya tidak cukup sehingga harus mencari tambahan darah agar mencukupi 17 kantong darah.  Untungnya saat itu saya memiliki teman-teman yang secara sigap mencari kekurangan darah yang dibutuhkan.  Dan kekurangan darah yang saya butuhkan justru datang dari orang-orang yang tidak saya kenal.  Dan Alhamdulillah banget dengan bantuan darah dari orang-orang yang sudah mendonorkan darahnya membuat saya masih bisa merasakan indahnya dunia hingga saat ini.  Saya tidak bisa bayangkan apabila saat itu tidak ada stock darah untuk saya.

Kejadian tersebut membuat saya semakin menyadari pentingnya donor darah.  Darah sendiri merupakan zat yang diproduksi oleh tubuh dan tidak bisa ciptakan buatannya denganfungsi dan manfaat yang sama.  Sampai saat ini saya belum pernah mendengar ada darah buatan yang bermanfaat sama seperti darah asli.  Oleh karena itu, disaat orang lain membutuhkan darah maka satu-satunya cara adalah dengan tranfusi darah dari pemberi ke penerima.

Ternyata donor darah itu sehat looh.  Jadi jangan takut dengan persepsi negative yang menyatakan bahwa kalau kita donor itu akan jadi lemas, trus darah kita berkurang.  Itu semua tidak terbukti.  Justru donor darah dapat menjadikan tubuh kita menjadi sehat.  Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, dengan melakukan donor darah maka akan  memperkecil resiko kita terkena penyakit jantung.  Lah kok bisa? Hal ini karena dalam darah mengandung zat besi (Fe).  Dengan melakukan donor darah dapat menstabilkan kandungan zat besi (Fe) yang terdapat didalam darah.

Jangan pernah takut bahwa darah kita berkurang apabila kita berdonor.  Justru dengan donor darah, tubuh kita akan mendapatkan penggantian darah baru yang secara otomatis diproduksi oleh sum-sum tulang belakang.  Oh yah, donor darah juga ternyata bermanfaat untuk mereka yang bermasalah dengan berat badan seperti saya. Hehhehehee.  Donor darah ternyata dapat menurunkan berat badan loooh,,, :p

Dengan donor darah, maka akan dapat mendeteksi  penyakit-penyakit serius.  Karena sebelum donor dilakukan, pendonor dilakukan pemeriksaan kesehatan darahnya dari penyakit-penyakit yang berbahaya agar tidak bisa menularkan kepenerima darah.  Manfaat lain dari donor darah yang tidak kalah penting adalah mendapatkan pahala karena dengan melakukan donor darah kita telah menolong sesama yang membutuhkan.

Dan tidak semua orang berkesempatan untuk bisa mendonorkan darahnya.  Hanya mereka yang dengan kondisi tertentu saja yang bisa mendonorkan darahnya.  Yaitu mereka yang tidak memiliki penyakit serius dan dapat menular melalui transfusi darah, lalu mereka yang berada pada usia 17 sd 60 tahun, memiliki tekanan darah dan denyut jantung yang baik.  Melihat banyaknya manfaat yang dari donor darah, sebagai mahluk social yuks temen-temen kita kita secara rutin mendonorkan darah kita.

“Setetes darah yang di donorkan merupakan kehidupan bagi orang lain”

Jangan pernah ragu untuk memulai berbuat baik karena dengan mendonorkan darah akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk orang lain tapi juga untuk diri kita sendiri.

AYO KITA DONOR DARAH,,,,,,! 

Leave a Reply

