Teluk Kiluan – Surga Tersembunyi di Provinsi Lampung

Kiluan merupakan salah satu objek wisata yang terletak di kabupaten Tanggamus, provinsi Lampung dan objek wisata ini sudah cukup terkenal dikalangan pecinta wisata domestik. Di Kiluan pengunjung bisa melihat lumba-lumba di habitat aslinya.  Dan menurut info yang saya dapatkan bahwa teluk Kiluan merupakan salah satu habitat lumba-lumba terbesar di dunia.

Akhir tahun 2013 lalu, saya berkesempatan untuk menikmati keindahan teluk Kiluan bersama teman-teman cucok rumpies.  Awalnya kami berencana untuk ke Kiluan pada awal November, namun karena masalah pekerjaan, akhirnya trip ke Kiluan kami undur.  Sampai akhirnya ketika akhir Desember, kami memiliki kesempatan untuk ke Kiluan.

Karena ga mau repot, makanya trip ke Kiluan ini kami menggunakan travel agent.  Kebeneran si kimi ada kenalan travel agent yang melayani trip ke Kiluan.  Jadi urusan perjalanan kami serahkan ke kimi sepenuhnya.  Saya dan si oom sudah lebih dahulu berangkat ke Lampung karena memang ada urusan pekerjaan di Lampung.  Sedang Doy dan Kimi berangkat tanggal 24 Desember.

Selalu ada cerita menegangkan menjelang setiap perjalanan.  Termasuk perjalanan ke Kiluan kali ini.  Karena urusan travel agent kami serahkan ke kimi, saya, doy dan oom tidak ikut campur sama sekali.  Ternyata ketika sampai di Lampung pada malam hari tgl 24 desember, Kimi mendapat telepon dari keluarganya yang mengharuskan dia untuk kembali ke Palembang.  Dan ternyata kimi belum mem-fix kan dengan travel agent untuk pemberangkatan ke Kiluan pada tanggal 25 Desember.  Walhasil ketika malam itu dikonfirmasi ke pihat travel agent, mereka kira bahwa reservasi tidak jadi.  Setelah bernegosiasi akhirnya keberangkatan menuju Kiluan besok masih bisa dilakukan.  Dan kami dijemput sekitar jam satu siang keesokan harinya.

Untuk menuju Kiluan sendiri membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam dari kota Bandar lampung. Akses jalannya sangat tidak baik.  Banyak jalanan rusak parah yang dilalui sepanjang perjalanan ke Kiluan.  Tapi sepanjang perjalanan mata akan disuguhi keindahan alam Lampung.  Mulai dari laut, pegunungan, hamparan sawah hijau dan juga suasana pedesaan.  Sedangkan untuk akses transportasi menuju kiluan sendiri tidak ada angkutan umum. Untuk yang berminat kesana  lebih baik sewa kendaraan dari kota Bandar Lampung atau naek motor juga bisa.  Harus ekstra hati-hati selama menuju kesana karena track jalan yang rusak dan melewati pegunungan dengan jurang di bibir jalan.

Dan ketika sampai di Gapura pintu masuk Kiluan,langsung terlihat hamparan laut beserta gugusan pulaunya.  Saya dan rombongan sampai disana sekitar jam 4 sore.  Kami langsung dijemput dengan perahu jukung untuk langsung menuju pulau tempat kami akan menginap.  Sekitar 15 menit kemudian, kami langsung sampai dipulau.  Kami langsung menuju penginapan yang sudah disiapkan.  Cottagenya sederhana banget tapi cukup nyaman.  Oh ya di pulau tidak tersedia listrik jadi untuk penerangan menggunakan jetset yang hanya beroperasi ketika malam sampai pagi.  Jadi siapkan powerbank untuk mengisi batere hp atau kamera.  Oh ya untuk beberapa provider telepon seluler, masih bisa mengakses sinyal kok disana, malah si oom menerima telepon ditengah laut ketika sedang berburu lumba-lumba.

Gapura ketika akan memasuki Kiluan

Cottage di tengah pulau. sederhana banget

Tanpa ingin membuang waktu kami langsung mengelilingi pulau yang luasnya tidak begitu besar.  Menikmati pantai berpasir putih dengan hamparan laut berwarna hijau pekat.  Bener-bener indah sekali Kiluan.  Beratnya perjalanan yang ditempuh seakan terbayar dengan keindahan alam yang ditawarkan.  Memang sangat disayangkan, tempat seindah ini masih belum terkelola dengan baik.

Saya dan rombongan menyisiri bibir pantai dan mengambil foto dibeberapa tempat yang berbatu karang. Karena sudah agak sore kami lalu pindah ke sisi pantai lainnya yang tersembunyi oleh karang besar.  Dan dari sana kami melihat senja sempurna sore itu.   Warnanya yang jingga pekat seperti warna emas benar-bener sebuah pemandangan yang sempurna.  Apalagi ketika matahari semakin turun bersembunyi dibalik cakrawala warna jingganya semakin pekat.   Ini nih foto sunset di Kiluan.

Golden sunset di Kiluan

sunset di Kiluan

Saya dan rombongan lalu langsung menuju cottage untuk bersih-bersih dan makan malam yang memang sudah include dari paket yang kami ikuti.  Makan malam sudah disediakan dengan makanan ala menu sederhana dan pasti ada menu ikannya.  Kami makan dengan lahap dan setelah itu kami istirahat agar besok bisa bangun pagi untuk menyaksikan lumba-lumba di habitat aslinya.  Ada baiknya membawa bekal cemilan dan air mineral disana.  Tapi bagi yang ga mau repot, pihak pengelola pulau membuka kantin kok jadi ga perlu takut kelaparan disana.

Pagi-pagi sekali kami sudah bangun, setelah solat subuh kami berjalan-jalan sebentar dipantai.  Jam 6 lewat perahu jukung sudah menjemput kami menuju laut lepas untuk melihat lumba-lumba.  Perahu jukungnya kecil hanya bisa menampung 3-4 orang termasuk nahkoda per perahu.  Perahu menuju laut lepas, melewati pulau-pulau kecil yang dihiasin dengan batu karang.  Pada hari itu cukup banyak juga wisatawan yang berburu lumba-lumba bersama kami.

menuju Laut Lepas, berburu lumba-lumba. jangan lupa pakai jaket pelampungnya ya :)

menuju Laut Lepas, berburu lumba-lumba. jangan lupa pakai jaket pelampungnya ya🙂

Perahu Jukung dan Indahnya Pantai di Kiluan

Jukung terus berputar mencari tempat lumba-lumba yang biasanya menampakan diri.  Tak berapa lama kemudian seekor lumba-lumba muncul didekat jukung yang saya tumpangi.  Rasa takjub menghampiri saya.  Subhanallah sekali bisa melihat lumba-lumba dilaut lepas.  Jujur saat itu saya merinding karena kagum akan keindahan ciptaan tuhan dan juga takut terjadi apa-apa, apa lagi saya berada dilaut lepas dengan perahu kecil.  Tapi semua saya pasrahkan.  Dan beberapa lumba-lumba muncul secara bergantian tak jauh dari jukung yang saya tumpangi.  Wah bener-bener terbayar semua pengorbanan menuju Kiluan dengan kepuasan melihat lumba-lumba.  Ini beberapa foto yang bisa saya share.

Mengendarai jukung di tengah lautan

Bersama Wisatawan lainnya di Laut lepas

Akhirnya menemukan Lumba-lumba yang sedang bermain.

Sekitar jam 9 an, jukung mulai kembali kepulau.  Sesampai dipulau saya dan rombongan lalu sarapan dengan menu ikan.  Kami makan dengan lahap sebelum akhirnya menuju ketempat selanjutnya yaitu laguna.

Selesai sarapan dan beristirahat sebentar, kami langsung di antarkan ke laguna.  Laguna adalah kolam diantara batu karang dan langsung berbatasan dengan laut lepas.  Kami langsung naik jukung dan diantarkan kepulau seberang yang berjarak sekitar 15 menit dari pulau tempat kami menginap.  Awalnya kami kira akan langsung sampai di laguna.  Ternyata kami salah sodara-sodara.  Kami harus mendaki lagi untuk mencapai laguna yang terletak dibelakang bukit.

Kami diantar oleh guide yang merupakan penduduk sekitar.  Melewati perkampungan lalu memasuki kebun kopi dengan jalan yang mendaki.  Sesampai dipuncak terlihat laut lepas dengan pasir putih.  Kami lalu menuruni bukit yang melintasi perkebunan warga.  Sampai dipantai kami harus berjalan melewati bebatuan karang yang tajam dan terjal.  Namun karang-karangnya indah sekali.  Deburan ombak besar sesekali terdengar menghantam karang.   Jalan di batu karang cukup terjal jadi perlu kehati-hatian dan stamina ekstra.

melewati kebun Kopi untuk menuju Laguna

Indahnya pantai menuju Laguna

Pemandangan batu karang sepanjang jalan menuju Laguna

10aja

Jalan menuju Laguna melewati batu karang dan jalan yg curam. be care guys,,

Sesampai di laguna, tanpa menunggu lama lagi, saya dan rombongan langsung menceburkan diri.  Sesekali percikan ombak besar menghantam karang dan airnya masuk ke laguna.  Ini koleksi foto di laguna.

Laguna

12ajaSetelah puas bermain-main di laguna, kami pun kembali kepulau tempat kami menginap.  Sampai disana sekitar jam 11 lewat.  Kami langsung snorkeling.  Sayang banyak terumbu karang yang sudah rusak karena pengeboman, namun dibeberapa tempat masih terdapat terumbu karang yang indah.  Saya dan rombongan benar-benar menikmati keindahan alam bawah laut di Kiluan.

Pantai di Pulau tempat kami menginap

2ajaPuas bersnorkeling ria, saya dan rombongan kembali ke cottage lalu mandi.  Sebelum kembali ke Bandar lampung, kami makan siang dulu dipulau.  Selesai makan dan istirahat sebentar, kami pamit kepengelola pulau dan pak Dirham yang sudah melayani kami selama berada di Kiluan.

Kiluan memang sangat indah, pantai, laut, pulau dan lumba-lumbanya merupakan daya tarik sendiri Sayang akses jalan menuju kiluan masih menjadi PR besar bagi pemerintah setempat.  Objek wisata seindah ini sayang banget kalau tidak dimaksimalkan, apalagi keindahan alam kiluan sudah mulai dikenal oleh wisatawan dari luar Lampung.

Bagi teman-teman traveler, Kiluan is recommend place for visited. Untuk penyewaan perahu maupun penginapan bisa ke pak Dirham – 081369991340.  Atau bagi teman-teman yang ga ingin repot dan mau terima beresnya kayak saya dan rombongan mengikuti paket dari travel agent bisa jadi pilihan.  Dengan harga yang terjangkau sudah bisa menikmati semua paket Kiluan.  Sekarang banyak travel agent yang menawarkan paket ke Kiluan.  salah satunya bisa menghubungi mas Rifki -085368236213/08978954441 atau ke mas Avis – 085377844408.