Tanda Tanya ( ? )

Dunia terus berputar, waktu tak dapat untuk dihentikan. Seiring berjalannya waktu, manusia semakin menua. Akan banyak hal yang mungkin bisa berubah, entah itu perubahan yang dapat terlihat maupun perubahan yang tidak terlihat, namun pasti akan ada yang berubah. Tak tahulah, waktu yang bisa mengubah manusia atau manusia yang mengendalikan waktu. Mungkin saja keduanya benar.

Perubahan memang hakiki pada diri manusia, entah itu perubahan untuk menjadi lebih baik atau malah sebaliknya. Biarkanlah manusia berproses untuk hal itu dan biarkanlah waktu yang menjawab kemana perubahan itu akan membawanya, menuju kebaikan atau malah sebaliknya. Tetapi sesungguhnya, perubahan seperti apa yang dicari oleh setiap insan?

Aku mengenalmu jauh sebelum kau mengenal mereka. Jauh sekali sampai aku menyadari bahwa ternyata aku lebih mengenalmu dibandingkan diriku sendiri. Beriring berjalannya waktu, semua terasa berbeda. Mungkin ada benarnya bahwa pada esensinya manusia pasti tidak bisa menghindar dari perubahan.

Tapi mengapa kali ini seolah kita berada pada dimensi yang berbeda. Kau tak dapat aku terka, tak bisa aku kira, tak bisa aku rasa. Hanya sesekali saja dimensi kita bersinggungan pada satu garis potong. Itupun tak lama, hanya sekejap saja lalu dimensi kita kembali membentuk lingkaran masing-masing. Kita sibuk bermain dengan gelembung udara yang berada dalam dimensi kita masing-masing.

Mungkin karena terlalu asiknya kita sehingga lupa bahwa kita berasal dari satu pola yang sama. Kita terlalu asik dengan beraneka warna gelembung tersebut sehingga kita lupa bahwa kita telah terpisah semakin jauh.

Engkau berubah, aku berubah tetapi mengapa kita tidak menuju arah yang sama. Engkau seperti partikel kasat mata yang sama sekali tidak mampu aku terka hendak kemana engkau akan menuju. Hanya tanda tanya besar yang ada dikepalaku. Apakah sekarang aku masih mampu mengenalimu?

Leave a Reply

